Anatomi Lengkap Seorang Muslimah, dari Kepala hingga Ke Kaki

 


Anatomi seorang muslimah. Kali ini kita akan "membedah" anatomi seorang muslimah, mulai dari kepala hingga ke kaki. Apa itu anatomi?

Menurut KBBI:

anatomi/ana·to·mi/ n 1 ilmu yang melukiskan letak dan hubungan bagian-bagian tubuh manusia, binatang, atau tumbuh-tumbuhan; 

anatomi/ana·to·mi/ n  2 uraian yang mendalam tentang sesuatu

Untuk membedah anatomi muslimah ini, saya akan menggunakan pengertian kedua. Anatomi muslimah adalah uraian mendalam tentang apa yang harus dikenakan oleh muslimah, dan apa yang harus dilakukan dengan organ tubuhnya, sejalan syari'at Allah 'Azza wa jalla.

Karena begitu mulianya kedudukan wanita dalam pandangan Islam, maka aturan yang akan melestarikan kemuliaan tersebut juga lebih ketat dibanding bagi kaum lelaki. Salah satunya dalam tata cara berpakaian.

Untuk memberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan seorang wanita, dalam postingan sederhana ini saya tulis rinciannya dengan tajuk Anatomi Lengkap Seorang Muslimah, dari Kepala hingga Ke Kaki. Baik, kita mulai ya.

Anatomi Lengkap Seorang Muslimah, dari Kepala hingga Ke Kaki

1. Otak
Otak sebagai sumber persepsi, digunakan untuk mendahulukan Allah dibanding yang lainnya. Ketaatan nomor 1 nya kepada Allah, bukan kepada selainnya. Juga senantiasa membangun persepsi/fikiran yang positif dalam menghadapi segala yang terjadi.

2. Kepala
Seorang muslimah sadar betul bahwa rambutnya adalah perhiasan atau aurat, sehingga ia dengan keikhlasan atas syari'at, menutup perhiasan tersebut dengan hijab sempurna.

3. Mata
Mata sebagai salah satu organ yang akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah, dijaganya dari kemaksiatan dengan menjaga pandangan dari yang diharamkan. Seorang muslimah akan lebih menikmati menundukkan pandangan matanya ketika bertemu lelaki ajnabi (asing), ini akan lebih menjaga hati.

4. Mulut
Seorang muslimah akan sadar sesadar-sadarnya bahwa selamatnya manusia itu tergantung dari terjaganya lisan. Maka ia akan menjaganya dari berkata-kata yang tidak baik. Kata-katanya penuh manfaat dan tidak menyakiti siapapun.

5. Wajah
Orientasi seorang muslimah, bukanlah penampilan luar yang utama. Wajahnya, jikapun harus memakai make up, tidak berlebihan. Keindahan utama wajahnya adalah dengan senyumannya yang berseri, penuh keikhlasan dan keramahan, tentu selain kepada lelaki ajnabi. Kepada lelaki ajnabi, hanya sekedarnya saja dalam bersikap.

6. Tangan
Tangannya digunakan untuk menolong dalam kebaikan, tak digunakan untuk menunjuk-nunjuk muka orang lain dengan penuh kemarahan. Tangannya sangat ringan untuk berbuat kebaikan.

7. Perut
Seorang muslimah akan menyadari bahwa Allah hanya menginginkan dirinya untuk memakan hanya yang halal dan thoyyib. Maka perutnya, ia upayakan sekuat tenaga untuk tidak dimasuki dengan makanan yang syubhat apalagi yang haram.

8. Badan
Keseluruhan badan dan organnya, selain telapak tangan dan wajah, adalah aurat. Dan muslimah sadar dengan hal ini. Maka, ia akan menutupi semua auratnya itu dengan pakaian (himar, jilbab) yang sesuai dengan panduan Allah dan rasul-Nya. Ia tidak akan melanggarnya sedikitpun, karena ia sadar Allah selalu mengawasinya.

9. Kaki
Kakinya selalu ia langkahkan menuju tempat-tempat kebaikan. Ia ringan sekali mengayun langkah ke tempat kajian, halaqoh, dan yang lainnya. Tak lupa ia tutupi kakinya dengan jilbabnya.

Sumber gambar: dakwahTangsel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel