Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengukur Pentingnya Menuliskan Resolusi untuk Perbaikan Diri

Artikel ini terinspirasi dari Bu Yuli, salah seorang pembina RISMADA, yang menugaskan peserta didiknya untuk membuat resolusi beberapa waktu yang lalu. Apa itu resolusi?

re·so·lu·si /résolusi/ n putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.

re·so·lu·si /résolusi/ n kebulatan tekad untuk mengerjakan sesuatu yang akan mengubah diri ke arah yang lebih baik.

Untuk pembahasan kali ini, sepertinya kita akan mengambil pengertian yang kedua. Resolusi itu semacam 'azam diri untuk berubah, dengan mengambil langkah-langkah tertentu sehingga perubahan itu ke arah yang lebih baik.

 
Gambar di atas adalah sebagian dari "resolusi" dari peserta didik, ditulis dalam selembar kertas, kemudian ditempel oleh peserta didik di tempat yang gampang dilihat. Tiada lain itu agar selalu menjadi pengingat bagi mereka akan langkah-langkah dan tujuan yang ada dalam resolusi tersebut.

Resolusi itu sendiri merupakan 'azam/kemauan kuat untuk mencapai sesuatu. Islam mengajarkan tentang perlunya besar harapan dan melarang putus asa. Harapan ideal dari seorang muslim adalah perubahan ke arah yang lebih baik dari waktu ke waktu, karena jika hari ini sama dengan hari kemarin, itu merugi apalagi jika hari ini lebih buruk dari kemarin, itu bangkrut. Demikian gambaran resolusi dalam Islam yang dijelaskan baginda Nabi.

Penting gak sih membuat dan menuliskan resolusi?

Jawabannya penting. Ada beberapa alasan yang menjadi penguat bahwa sahabat perlu menuliskan sebuah resolusi, setidaknya untuk tahun yang baru ini. Saya mencatat beberapa alasan pentingnya resolusi, antara lain:

1. Bisa menjadi cerminan di masa lalu

Ketika kita menuliskan satu resolusi, pada dasarnya kita sedang membandingkan harapan yang ingin terwujud itu dengan kenyataan di masa sebelumnya, yang kurang maksimal atau belum tercapai. Ia akan menjadi cermin bagi langkah selanjutnya.

2. Tujuan hidup akan semakin jelas jika mempunyai resolusi

Karena resolusi itu sebenarnya tujuan. Maka ketika kita membuat dan menuliskannya, akan menjadi gambaran (road map) untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

3. Sebagai tolak ukur kemampuan

Resolusi pun sebenarnya tahapan target dari sesuatu. Mengubah ke level selanjutnya dari suatu target yang telah tercapai sebelumnya, akan meningkatkan semangat dan menguji kemampuan untuk mencapainya di tahap yang lebih dari sebelumnya.

4. Hidup juga akan lebih menjadi teratur

Resolusi itu ibarat tujuan dari sebuah perjalanan. Ketika memetakan arah, di mana harus singgah, berapa waktu yang diperlukan, akan memudahkan kita mencapai tujuan. 

5. Semangat dalam menjalani hidup akan bertambah saat sahabat mempunyai resolusi

Ya, semacam ada tantangan-tantangan baru, setelah tantangan sebelumnya terlampaui, dan tantangan baru itu mesti dilalui juga. Jadi semangat dan dinamis.

Sudahkah Sahabat Menuliskan Resolusi?

kumparan


Ada beberapa sahabat dan pembaca ukhtinews.com yang menuliskan secara singkat resolusi apa saja yang ingin mereka capai di tahun ini. Mari kita baca, siapa tahu sama dengan resolusi sahabat ukhti. 

Bu Loniawati (Guru SMPN 1 Mande)

Resolusi saya di tahun 2021 :

1. Tetap taat dengan aturan agama dan negara agar sehat mental.
2. Olah raga rutin dan menjaga asupan makanan dalam rangka ikhtiar sehat fisik.
3. Menjaga lingkungan tetap 'green' agar udara bersih dari polusi.
4. Lebih sabar menghadapi hal yang tidak sesuai harapan.

Bu Siti MK Nurjanah (Guru SMPN 1 Mande)

Resolusi saya di tahun 2021:

1. Ingin lebih baik lagi dalam beribadah
2. Ingin menjadi istri dan ibu yang lebih baik

Pak Iman Sunarya (Pegiat Saung Belajar)

Resolusi saya di tahun 2021:

1. Berbaik sangka kepada Allah swt untuk semua kejadian yang menimpa diri.

Pak Januar Aripin (Guru SMPN 1 Mande)

Resolusi 2021: saya ingin pandemi segera berakhir, dunia normal kembali, selalu dilindungi Allah.amin

Bu Silvia Yoselina ( pembaca asal Jakarta)

Resolusi saya:

1.Memperbanyak ingat mati
2.Mmperbaiki diri dalam segla hal ( mengingt dosa-dosa di masa lampau)
3.Lebih mndekatkn diri dan sllu mngingat Allah

Aamiin ,,,in syaa Allah

Bu Inggit Faturohmi (Guru SDN Kademangan)

Resolusi saya :

1.Menjadi ibu yang lebih baik untuk anak-anak
2.Ingin memiliki hunian milik sendiri
3.Karir yang lancar
4.Meminimalisir hutang Riba
 
Jika kita membaca seksama resolusi dari beberapa sahabat ini, rasa-rasanya semua sama dengan yang kita inginkan. Inginkan diri menjadi lebih baik dalam hal ketaatan kepada Allah SWT, menjauhi segala yang dilarang (salah satunya riba), ingin sehat jiwa dan raga, dan karir/pekerjaan lebih lancar.

Dan yang utama dari resolusi diri kita adalah menjadi hamba Allah yang taat atas segala perintah-Nya dan menjauhi segala yang dilarang-Nya, beroleh ridho dari-Nya, dan mencapai jannah.
Aamiin Ya Robb.











Deni Kurnia
Deni Kurnia Guru, Blogger, Penikmat Sastra, mentor kajian Islam remaja, selebihnya hanya seorang pembelajar

Posting Komentar untuk "Mengukur Pentingnya Menuliskan Resolusi untuk Perbaikan Diri"