Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Telah meninggal dunia Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA. Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor

a
Sahabat Ukhtinews, hari ini kita berduka. Sebuah kabar yang mengejutkan telah sampai kepada kita. Telah meninggal dunia Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA. Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, pada hari rabu jam 15.50 Wib, tanggal 4 Rabi'ul Awwal 1442 H/21 Oktober 2020, di rumah Gontor.

Wafatnya Ulama mengingatkan kita akan hadits Nabi yang mulia shallallahu 'alaihi wa sallam yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash radhiyallahu anhuma, beliau berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللهَ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ الْعِبَادِ، وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَمَاءِ حَتَّـى إِذَا لَمْ يَبْقَ عَالِمًا اتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالاً فَسُئِلُوا، فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا

"Sesungguhnya Allah subhanahu wa Ta'ala tidak mencabut ilmu sekaligus dari para hamba, akan tetapi Allah mencabut ilmu dengan mewafatkan para ulama, sehingga ketika tidak tersisa lagi seorang alim, maka manusia akan menjadikan orang-orang bodoh sebagai pemimpin, lalu mereka ditanya, kemudian mereka akan memberikan fatwa tanpa ilmu, maka mereka sesat lagi menyesatkan orang lain." (HR. Al-Bukhari)

Doa kami untuk Almarhum:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَ عَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَ وَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَ اغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَ الثَّلْجِ وَ الْبَرَدِ وَ نَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّ وْبَ الْأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَ أَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَ أَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَ زَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَ أَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النّارِ

"Ya Allah ampunilah KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah dia rumah (di surga) yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah dia keluarga (di surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan (di surga) yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka."

Semoga seluruh amal shaleh Almarhum diterima Allah ta'ala dan seluruh dosa-dosanya diampuni Allah ta'ala, dan semoga Keluarga besar yang ditinggal diberikan keikhlasan & kesabaran dalam menerima musibah kematian ini.

Selamat jalan Pa Kiyai. Selamat menempuh Perjalanan panjang menuju negeri keabadian, negeri akherat. Semoga ujung dari perjalanan ini adalah Surga FirdausNya.

رحمه الله تعالى رحمة واسعة و أسكنه فسيح جناته
آمِـــــــــــيْنَ يَا مُجِيْبَ السَّائِـــــــــــلِيْنَ


Riwayat Hidup Almarhum
Dr (HC). K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A.


Lahir di Gontor pada tanggal 19 September 1942. Putra pertama dari KH. Imam Zarkasyi salah seorang Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor.


Riwayat Pendidikan
Menamatkan Sekolah Dasar di desa Gontor pada tahun 1954. Setelah menamatkan Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor pada tahun 1960 melanjutkan studi di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta hingga mendapatkan gelar Sarjana Muda tahun 1965. Adapun gelar Lc. didapat dari Al Azhar University Kairo, Mesir pada tahun 1976. Kemudian melanjutkan studi di lembaga yang sama hingga meraih gelar MA. pada tahun 1978, dan gelar Doctor Honoris Causa pada 2005 dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.


Pengalaman Organisasi
1. Pengurus HMI Cabang Ciputat – Jakarta (1964)
2. Pengurus HPPI (Pelajar Islam) Cairo (1971)
3. Pengurus PPI Den Hag – Belanda (1975)
4. Pimpinan Pondok Modern Gontor (1985 – sekarang)
5. Ketua Majlis Ulama Indonesia Kab. Ponorogo.
6. Ketua Badan Silaturrahmi Pondok Pesantren Jawa Timur (1999 – sekarang)
7. Ketua Forum Silaturrahmi Umat Islam Ponorogo (1999 – sekarang)
8. Ketua MP3A Depag (Majlis Pertimbangan Pendidikan dan Pengajaran Agama (1999 – sekarang)
9. Dewan Penasehat MUI Pusat.
Pengalaman ke Luar Negeri


Tour ke Belgia – Jerman – Perancis (1975)


International Visit Program ke Amerika Serikat selama 1 bulan (1986)


London (1986).


Seminar Bahasa Arab di Brunei Darussalam pada tahun 1989.


Comparative Study ke Pakistan pada tahun 1991 dan 2000.


Study Tour ke Thailand bersama 20 guru Gontor (1997).


Aligarh University India (1999).


Kunjungan ke Malaysia, Universitas Antar Bangsa (IIU).


Karya Tulis:


Pokok-Pokok Pikiran untuk Perubahan Pendidikan Nasional


Refleksi dan Rekonstruksi Pendidikan Islam: Model Pendidikan Pesantren Ala Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo


Menggali Sumber Keuangan Madrasah : Strategi dan Teknik


Pengelolaan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo


Pengelolaan Pendidikan dan Pengajaran di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo


Pola Pendidikan Pesantren Sebuah Alternatif


Strategi dan Pola Manajemen Pendidikan Pesantren


Optimalisasi Peran Sektor Pendidikan dalam Pengembangan Ekonomi Islam di Indonesia


Etika Bisnis dalam Islam dan Relevansinya Bagi Aktivitas Bisnis di Dunia Pendidikan Pesantren: Studi Kasus Pondok Modern Darussalam Gontor


Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Gontor


Optimalisasi Peran Sektor Pendidikan dalam Pengembangan Ekonomi Islam di Indonesia: Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor


Pendidikan Pesantren di Era Modern


Peran Agama dan Budaya Islam dalam Mendorong Perkembangan Iptek: Iptek di Pondok Modern Darussalam Gontor
Deni Kurnia
Deni Kurnia Guru, Blogger, Penikmat Sastra, mentor kajian Islam remaja, selebihnya hanya seorang pembelajar

Posting Komentar untuk "Telah meninggal dunia Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA. Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor"