Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Cara Kreatif Menghilangkan Bau di Rumah

Sahabat UkhtiNews, seringkali beragam bau tak enak mengganggu kenyamanan Anda di rumah. Bau cat, bau asap rokok, bau apek pakaian, juga masakan gosong. Apa akal?

Mudah saja menghilangkan bau-bauan. Meski banyak produk pengharum ruangan bisa dibeli di toko, tetapi Anda dapat memanfaatkan apa yang ada di rumah untuk mengusir macam-macam bau yang mengganggu. Penasaran?

Berikut cara-cara kreatif menghilangkan aneka bau-bauan di rumah, yang bisa Anda lakukan sendiri.
griyasatriaresidence.wordpress.com


Menghilangkan Bau Asap Rokok

  • Anda dapat menggunakan handuk basah/lembab sebagai pengusir bau dan asap rokok. Caranya, handuk basah yang sudah diperas dikibas-kibaskan di ruangan yang penuh asap rokok.
  • Cara lain adalah dengan menaruh empat mangkuk berisi cuka pada sudut-sudut ruangan yang banyak perokoknya. Dalam waktu singkat, asap dan baunya pasti akan menghilang.
  • Untuk memperbaiki kualitas udara di ruangan yang terpapar asap rokok, Anda bisa menaruh piring-piring kecil berisi activated carbon (arang dari kayu) di meja

Menghilangkan Bau Cat Baru

  • Bila Anda tak tahan menghirup udara di ruangan yang masih berbau cat, taruhlah beberapa mangkuk berisi air dan garam. Dalam beberapa jam aroma cat itu pasti akan menghilang.
  • Gunakan bawang bombai, potong menjadi dua bagian. Masukkan satu bagian bawang tersebut ke dalam sebuah wadah berisi air. lalu taruhlah wadah ini di ruangan yang berbau cat.
  • Letakkan seember besar air yang dicampur dengan satu sendok teh cairan amoniak di ruangan yang baru dicat. Diamkan selama satu malam.

Menghilangkan bau apek pada lemari

Terkadang aroma dalam lemari berbau tidak enak. Lemari masih baru berbau cat, sedangkan yang sudah lama cenderung berbau apek. 
  • Kalau lemari Anda masih baru, taruh tembakau dalam wadah, lalu masukan ke dalam lemari tersebut selama sehari semalam. Secara perlahan bau apek itu akan hilang.
  • Ambil kuntum bungan melati yang masih kuncup, lalu taruh ke dalam botol terbuka atau mangkuk kecil. Masukkan ke dalam lemari, pasti akan tercium wangi bunga semerbak. Jangan lupa, gantilah dengan yang baru bila bunga sudah layu.
  • Basahi sedikit kapas dengan parfum, lalu tempatkan dalam wadah terbuka di lemari. Wanginya nanti akan terasa samar-samar pada pakaian.
  • Aroma wangi juga bisa Anda peroleh dengan cara menaruh irisan sabun wangi dalam sebuah mangkuk, lalu simpan di dalam lemari. Agar menarik, Anda bisa berkreasi dengan membentuk potongan-potongan sabun menjadi kotak-kotak, bulatan, atau bentuk lainnya.
Nah itu tadi sahabat UkhtiNews, beberapa cara sederhana dan kreatif untuk menghilangkan bau di rumah. Mudah, nyaris tanpa biaya. Selamat mencoba!
Deni Kurnia
Deni Kurnia Guru, Blogger, Penikmat Sastra, mentor kajian Islam remaja, selebihnya hanya seorang pembelajar

Posting Komentar untuk "Ragam Cara Kreatif Menghilangkan Bau di Rumah"