12 Rules of Family - Aturan-aturan dalam Keluarga

"Harta yang paling berharga adalah keluarga.....", demikian cuplikan lirik sebuah lagu tentang keluarga.

Yups, keluarga adalah sebuah ikatan yang agung, di sana ditumbuhkan cinta kasih, dikembangkan asa dan harapan, dan dibangun saling rasa percaya. Merawat kenyamanan, keamanan, dan ketenteraman dalan keluarga, merupakan tanggung jawab semua anggota keluarga.

Aturan dalam keluarga mutlak diperlukan dan mesti dibuat dan disepakati.

Aturan (rules) bisa secara formal dibuatkan ataupun disepakati secara moral.

Berikut ini 12 aturan dalam keluarga (rules of family) yang mudah-mudahan bisa menjadi gambaran bagi kita dalam menjalankan bahtera rumah tangga.

12 Our Family Rules 


1) Share be Kind Smile
Senantiasa tebar senyum ramah dan terindah di antara anggota keluarga, dalam bingkai ucap dan perilaku yang bersahabat.


2) Laugh and Have Fun
Memanfaatkan waktu berkumpul sekeluarga dengan obrolan ringan, dibumbui sesekali dengan gelak tawa penuh aura kebahagiaan.

3) Say I'm Sorry 
Semua pernah melakukan kesalahan, kecil maupun besar, disengaja ataupun tidak. Maka, membiasakan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan, adalah langkah keren untuk menjaga hubungan baik dalam keluarga.

4) Keep Your Promise
Seyogyanya, janji adalah hutang. Dan yang namanya hutang, harus dipenuhi dan ditunaikan. Begitu juga janji ayah kepada anak-anaknya, misalnya, harus dipenuhi. Dengan demikian, kepercayaan akan tetap terjaga.

5) Forgive 
Di saat ada anggota keluarga yang melakukan kesalahan dan meminta maaf atas hal itu, maka anggota keluarga yang lainnya sebaiknya membiasakan diri memaafkan. Dengannya, semua akan terbangun terus kekompakan.

6) Do Your Best 
Mengerjakan sesuatu pekerjaan di rumah atau di mana saja, harus didasari semangat "melakukan yang terbaik". Artinya pekerjaan itu dilakukan sebaik mungkin dan tuntas. Jika semua berlaku demikian, pekerjaan akan lebih mudah dan tidak menjadi beban yang lain.

7) Say Please and Thank You
Sebaiknya, siapapun ketika meminta bantuan suatu pekerjaan membiasakan mengawalinya dengan frasa, "Tolong...", dan sesudahnya dengan kata, "terimakasih ". Misal, "tolong nak ambilkan Ayah buku itu!". Dua kata itu, TOLONG dan TERIMA KASIH, merupakan kata ajaib untuk menyenangkan perasaan orang lain.

8) Respect One Another 
Respek satu satu sama lain, saling membatu bahu membahu, saling mengayomi, saling mengingatkan ketika ada kesalahan, dan saling membantu mengerjakan kebaikan, adalah cara-cara untuk membangun keharmonisan dalam sebuah keluarga.

9) Always Tell the Truth 
Semua anggota keluarga saling mendisiplinkan diri untuk berkata jujur, apapun konsekuensinya. Tidak membiasakan diri untuk berbohong walaupun untuk hal yang kecil, kecuali berbohong yang memang dibolehkan syari'at. Kejujuran di antara anggota keluarga, akan terus menumbuhkembangkan saling percaya.

10) Be Patient 
Tenang dalam menghadapi semua permasalahan dalam keluarga. Tidak mengedepankan emosi dan kemarahan. Semua ini perlu dilatih terus menerus. Namun jika semua bisa tenang dalam menyelesaikan persoalan, hasilnya akan luar biasa.

11) Hug Often 
Sering berpelukan. Ketika suami memeluk istri, maka istri akan mendapatkan ketenangan batin dan menurunkan kadar emosinya, Sebaiknya ini dilakukan secara berkala.

12) Most Important, Love one another
Yang paling penting dari semua itu, adalah adanya rasa kasih sayang di antara semua anggota keluarga. Semua memiliki visi yang sama untuk mewujudkan keluarga sakinah mawaddah dan penuh rahmah.

Semoga kita tetap ada lindungan Allah SWT dan mendapat ridho-Nya. Aamiin.

Salam,
Ummu Annisa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel